Diet Untuk Hipertensi

dartar-menu-hipertensiSelain efek samping, obat penuruan tekanan darah dapat membuat pasiennya menjadi tergantung seterusnya pada obat tersebut. Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi hipertensi tanpa efek samping yang serius, karena metode pengendaliannya yang alami. Hanya saja orang yang menganggap diet untuk hipertensi sebagai sesuatu yang merepotkan dan tidak menyenangkan. Banyak makanan kesukaan bisa masuk daftar terlarang,misalnya garam  penyedap, popcorn asin, keju, dan keripik kentang.

Tujuan diet untuk hipertensi adalah :

  1. Mengurangi asupan garam
    Mengurangi garam sering juga diimbangi dengan asupan lebih banyak kalsium, magnesium dan kalium (bila diperlukan untuk kasus tertentu). Puasa garam untuk kasus tertentu dapat menurunkan tekanan darah secara nyata. Umumnya kita mengonsumsi lebih banyak garam daripada yang dibutuhkan tubuh. Idealnya kita cukup menggunakan sekitar satu sendok teh saja atau sekitar 5 gram garam per hari.
    Masakan untuk penderita hipertensi yang kurang gara terasa agak hambar bagi orang biasa. Tetapi dengan menyadari bahwa Anda sedang mengadakan perubahan pola makan, masalah khusus tersebut dapat menjadi hidangan yang nikmat.
  2. Memperbanyak serat
    Mengonsumsi lebih banyak sayur atau makanan rumahan yang mengandung banyak serat akan memperlancar buang air besar dan menahan sebagian asupan natrium. Sebaiknya penderita hipertensi menghindari makanan kalengan dan makanan siap saji dari restoran yang dikuatirkan  mengandung banyak pengawet dan kurang serat. Dari penelitian lain ditemukan bahwa dengan mengonsumsi 7 gram serat per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5 poin. Konsumsi serat juga dapat memperlancar buang air, menyebabkan makan lebih sedikit dan mengurangi asupan natrium. Serat mudah didapat dalam makanan, misalnya semangkuk sereal mengandung sekitar 7 gram serat.
  3. Menghentikan kebiasaan buruk
    Menghentikan rokok, kopi dan alkohol dapat mengurangi beban jantung, sehingga jantung dapat bekerja dengan baik. Rokok dapat meningkatkan resiko kerusakan pembuluh darah dengan mengendapkan kolesterol pada pembuluh darah jantung koroner, sehingga jantung bekerja lebih keras.
    Sedangkan alkohol dapat memcau tekanan darah. Karena itu 90 milimeter per minggu adalah batas tertinggi yang boleh dikonsumsi. Ukuran tersebut sama dengan 6 kaleng bir. Selain itu, kopo dapat memacu detak jantung. Mngehentikan atau mengurangi kopu berarti menyayangi jantung agar tidak terbebani lebih berat.
  4. Perbanyak asupan kalium
    Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 3500 miligram kalium dapat membantu mengatsi kelebihan natrium dalam diet untuk hipertensi. Sehingga dengan volume darah yang ideal dapat dicapai kembali tekanan yang normal.
  5. Lengkapi kebutuhan kalsium
    Walaupun masih menjadi perdebatan mengenai ada atau tidaknya pengaruh kalsium dengan penurunan tekanan darah,tetapi tidak untuk menjaga resiko lain, 800 miligram kalsium perhari (setara dengan tiga gelas susu) sudah lebih dari cukup. Sumber lain yang kaya kalsium adalah keju rendah lemak dan ikan, seperti salmon.

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi , Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Diet Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.