Menu Diet Hipertensi

Dalam menu diet Dash yang dibuat untuk hipertensi atau darah tinggi dengan menerapakan asupan kalori hanya 2000 kalori per hari dalam porsi makanan.

Gambar Piramida makanan untuk diet hipertensi

Berikut ini ada beberapa menu diet Dash untuk hipertensi, diantaranya adalah :

1. Karbohidrat dari Biji-bijian (6-8 kali konsumsi/hari)

Karbohidrat yang berasal dari biji-bijian yang termasuk didalamnya adalah roti gandum, beras dan pasta. Untuk 1 kali konsumsi misalnya 1 lembar roti gandum, 100 gram sereal, atau 70 gram nasi /pasta. Pilihah pasta atau sereal yang mengandung 100 % gandum utuh. Makanan yang berasal dari biji-bijian ini sebenarnya mengandung lemak jenuh yang rendah, oleh karenanya tidak perlu ditambahkan apapun seperti mentega, keju atau krim.
Lebih baik lagi mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih karena beras merah mengandung rendah gula, banyak protein meski proses pencernaan makanan dalam sistem pencernaan memakan waktu yang cukup lama namun memberi kesan cukup mengenyangkan dan tahan lama. Konsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat dengan takaran yang telah disesuaikan.

2. Sayuran (4-5 kali konsumsi/hari)

Diketahui jenis sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung sumber gizi, vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Konsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran bagi penderita hipertensi ini sangat membantu untuk mengendalikan laju tekanan darah tinggi agar tidak menimbulkan masalah yang kronis pada timbulnya penyakit komplikasi akibat hipertensi.

Konsumsi sayur-sayuran yang memberi efek positif bagi tubuh seperti wortel, tomat, brokoli dan sayuran lainnya yang mengandung serat, vitamin, potasium dan magnesium. Disarankan untuk 4-5 konsumsi sayuran dalam sehari.

3. Buah-buahan (4-5 kali konsumsi/hari)

Konsumsi buah-buahan terutama yang banyak mengandung air (mineral) yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung mineral ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka penderita hipertensi yang juga memiliki penyakit komplikasi lainnya.

4. Produk Susu (2-3 kali konsumsi/hari)

Konsumsi berbagai produk susu seperti yogurt, keju dan produk susu lainnyan yang rendah lemak dan tentunya mengandung sumber vitamin D dan kalsium. Untuk konsumsi susu rendah lemak cukup 1 kali konsumsi dengan takaran yang dianjurkan adalah 1 cangkir. Yogurt juga sangat baik dikonsumsi ditambah dengan buah-buahan.

5. Daging Tanpa Lemak, Unggas, Ikan (kurang dari 6 kali konsumsi/hari)

Sumber protein yang boleh dikonsumsi adalah yang bebas lemak, seperti ayam tanpa kulit dan daging yang bagian lemaknya harus dibuang terlebih dahulu. Namun hal yang perlu diingat adalah dalam 1 kali konsumsi protein cukup dengan 1 ons saja.

6. Kacang-kacangan (4-5 kali konsumsi/ minggu)

Jenis kacang-kacangan seperti almond, lentil, kacang merah, dan jenis kacang lainnya mengandung protein dan mineral seperti magnesium dan potasium. Tahu dan tempe adalah salah satu sumber protein yang baik. Namun hal yang perlu diingat adalah membatasi asupan kacang-kacangan karena selain mengandung magnesium dan potasium, jenis kacang-kacangan ini mengandung kalori yang cukup tinggi dan lemak. Meskipun lemak yang terdapat pada kacang-kacangan adalah lemak yang baik namun harus tetap memperhatikan asupannya 1 ½ ons kacang-kacangan per sekali konsumsi.

7. Lemak dan Minyak (2-3 kali konsumsi/hari)

Lemak tak selama buruk, karena lemak masih tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap vitamin esensial untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Namun dalam konsumsi lemak juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan karena akan meningkatkan risiko darah tinggi, obesitas, dan diabetes mellitus. Per 1 kali konsumsi jumlah yang diperbolehkan adalah 1 sendok teh margarin atau 1 sendok makan mayones rendah lemak atau 2 sendok makan salad dressing.

8. Gula (kurang dari 5 kali konsumsi/minggu)

Dalam menjalani diet DASH, tak perlu mengeluarkan segala yang manis-manis dari menu diet Anda. Per satu kali konsumsi 1 sendok makan gula pasir sudah sangat cukup untuk jelly atau jus jeruk nipis.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diet Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>