Makanan Diet Untuk Hipertensi

Diet yang dianjurkan bagi penderita hipertensi haruslah diet yang dapat menurunkan atau sekurang-kurangnya mencegah agar tidak terjadi peningkatan tekanan darah. Makanan diet untuk hipertensi ini memiliki tujuan untuk :

  1. Mengurangi asupan garam
  2. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh sehingga didapat berat badan yang sehat dan ideal
  3. Mempertahankan agar tetap berada pada berat badan yang sehat.

Program ini terdiri dari makanan diet untuk hipertensi yang sehat yang terdiri dari beberapa jenis makanan yang mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh. Makanan yang dikonsumsi hendaknya mampu mempunyai syarat berikut :

  1. Makanan rendah garam
  2. Makanan rendah lemak, dan
  3. Makanan dengan jumlah kalori yang tidak berlebihan.

Makanan diet untuk hipertensiĀ  adalah makan makanan yang sehat tidak sama dengan mengurangi jumlah makanan dan rasa dari makanan tersebut. Makanan yang sehat ini artinya makanan dengan kalori yang seimbang, rendah garam dan rendah lemak. Kalori yang dubutuhkan orang Indonesia berkisar antara 1.500-2.000 kalori setiapĀ  harinya. Hal ini bervariasi bergantung dari aktivitasnya. Sementara itu, diet dengan makanan yang rendah garam dan rendah lemak juga bervariasi. Meskpiun makanan rendah lemak dan garam, tidak berarti makanannya menjadi tidak enak dan tidak mengundang selera. Banyak cara yang dapat digunakan agar makanan yang kita konsumsu mempunyai kadar lemak yang rendah dan sedikit mengandung faram (natrium), serta tetap membangkitkan selera.

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menagnjurkan makanan kaya padi-oadian, buah-buahn, sayuran dan susu rendah lemak. Pola makanan ini membatasi jumlah lemak dan memperbanyak kadar kalium, kalsium dan magnesium. Selain itu, diet ini lebih mengutamakan protein nabati berupa kacang-kacangan, dan biji-bijian daripada protein hewani yang terdiri dari daging, ayam, dan ikan. Pola makan DASH ini membuktikan dapat menurunkan dan mengandalikan tekanan darah.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam makanan diet untuk hipertensi ini ;

  1. Biasakan jangan makan berlebihan
    makan berlebihan akan mengakibatkan kalori yang melebihi nilai kalori yang kita butuhkan. Kalori berlebihan akan disimpan dalam ebntuk lemak dalam tubuh sehingga mengakibatkan obesitas
  2. Biasakan untuk sarapan
    sarapan dengan jumlah kalori yang cukup dapat mencegah dariĀ  rasa lapar berlebihan di siang hari dan bisa membuat kita beraktivitas secara masimal pada hari itu. Anda dapat memilih menu sarapan dengan kalori cukup dan menu yang dianjurkan. Sarapan yang disarankan adalah yang kaya dengan karbohidrat. Setangkup roti, seral atau nasi bisa menjadi pilihan.
    jenis makanan dari umbi-umbian seperti kentang, singkong atau ubi bisa juga kita jadikan pilihan menu dipagi hari ini. Apabila nasi menjadi pilihan Anda, tambahkan protein nabati seperti tahu atau tempe dan hindarkan protein hewani. Senutir telur tanpa kuning telur dapat menjadi pelengkap menu Anda. Ingat jangan biasakan nasi goreng menjadi menu utama sarapan Anda. Hindarikan selai cokelat atau keju yang banyak mengandung lemak pada roti Anda, sebaiknya pilih selai yang berasal dari buah-buahan.

 


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diet Hipertensi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>