Diet Pada Hipertensi

Penderita hipertensi yang umumnya menurut pemeriksaan secara medis penyebab utama berawal dari sumber makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, mungkin terbiasa makan-makanan yang mengandung banyak garam tinggi, pedas, berkalori yang membuat kerja jantung menjadi tidak optimal dalam memompa darah, sekalinya memompa darah, produksi darah yang dihasilkan melambung tinggi hingga mengalami tekanan darah tinggi.

Sakit hipertensi yang umumnya disebabkan oleh faktor makanan, maka disarankan untuk melakukan diet sehat atau melakukan Dash (Dietary Approach to Stop Hypertension) atau diet yang dikhususkan bagi penderita hipertensi. Dengan melakukan Dash ini diharapkan para pemiliki darah tinggi ini menjadi lebih disiplin terhadap asupan makanan yang dikonsumsi. Dash ternyata membawa efek positif bagi tubuh dan terhadap penyakit komplikasi yang diakibatkan dari darah tinggi sebagai pencegahan dari risiko darah tinggi yang berefek pada penyakit jantung, ginjal, stroke, dan kerusakan mata serta penyakit lainnya.

Diet Dash ini dikukuhkan oleh cabang NIH (National Institute of Health) dengan menekan pada banyaknya frekuensi dalam menyantap makanan, jenis dan variasi makanan, serta mendapat jumlah nutrisi yang cukup dari makanan. Program Dash ini berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang memiliki risiko terhadap suatu penyakit lainnya yang mudah muncul.

Diet Dash ini bekerja dengan mengatur kadar gula dalam darah. Diet Dash ini cocok untuk mereka yang juga memiliki penyakit diabetes mellitus yang sensitif terhadap terapi insulin yang berguna untuk menaikkan tingkat sensifitas insulin sebanyak 50 %.

Dengan melakukan diet melalui program Dash ini secara benar dan rutin dilakukan, maka seseorang akan mampu mengendalikan tekanan darah tinggi yang terkadang terjadi akibat komplikasi penyakit diabetes. Lakukan diet Dash ini selama 2 minggu. Diet Dash ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengatur dan mendisiplinkan asupan makanan dan sumber gizi yang sangat dibutuhkan secara seimbang.

Asupan makanan yang termasuk dalam diet Dash ini adalah makanan rendah sodium (garam), biji-bijian utuh, buah-buahan, sayur-mayur, susu rendah lemak. Makanan yang kaya protein seperti ikan, daging unggas, dan kacang-kacangan. Dalam diet Dash ini, seseorang tidak dituntut untuk menghindari makanan tertentu hanya saja untuk mengendalikan agar tidak menimbulkan dampak buruk. Makanan yang masih boleh dikonsumsi adalah daging merah, gula, dan makanan yang mengandung lemak yang rendah, namun dalam porsi yang sangat kecil dan terbatas.

Diet Dash ini diformulasikan untuk menurunkan tekanan darah dengan mengendalikan jumlah sodium (garam) sekitar 1.500 mg- 2.300 mg dan aturan kalori dalam program diet Dash ini adalah 2.000 kalori per hari.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Diet Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>